News tricker
Negara-Negara Ini Berani Tolak Gerakan Homoseksual
Presiden Rusia Vladimir Putin berani tolak tegas komunitas homoseksual.

Negara-Negara Ini Berani Tolak Gerakan Homoseksual

Jakarta, Parmusinews – Gelombang protes masyarakat Indonesia yang menentang kampanye LGBT atau Lesbian Gay Biseksual Transgender terus terjadi dalam beberapa pekan ke belakang. Aksi ini dipicu semakin beraninya para pendukung LGBT mengkampanyekan persamaan hak di negeri ini.

Sebelumnya, pada Mei 2015, Irlandia menandatangani undang-undang pernikahan sesama jenis, atau enam bulan setelah referendum. Hal ini menjadikan negara yang secara tradisi beragama Katolik itu sebagai negara pertama di dunia yang menyetujui UU tersebut dengan suara rakyat.

Referendum dilangsungkan dua dekade setelah Irlandia menyatakan homoseksualitas bukan lagi tindakan kriminal. Dukungan luar biasa disebabkan oleh ribuan pemilih muda Irlandia yang pulang dari luar negeri untuk memberikan suara mereka. Lebih dari 60 persen pemilih yang berhak memberikan suara mereka. Ini merupakan jumlah pemilih tertinggi dalam pemungutan suara di Irlandia dalam lebih dari dua dekade.

Hasil referendum di Irlandia itu memicu niat serupa di negara-negara lain di Eropa. Di Italia, saat itu, PM Matteo Renzi langsung mempersiapkan sebuah undang-undang yang mengizinkan pasangan gay mengikat hubungan sipil meski belum berencana mengesahkan pernikahan gay. Di Jerman, warga negeri itu menyerukan pemerintah agar segera melegalkan pernikahan gay, setelah negeri itu mengizinkan ikatan sosial pasangan sesama jenis.

Di Eropa, pernikahan sesama jenis legal di lebih dari 10 negara. Undang-undang seperti ini juga telah disahkan di Argentina, Brazil, Kanada, Selandia Baru, Afrika Selatan, Uruguay dan Amerika Serikat.

Bahkan di bawah pemerintahan Obama, AS memang telah mengambil beberapa keputusan untuk mendukung hak-hak kaum homoseksual. Sebagai langkah simbolik, di kompleks Gedung Putih telah dibangun toilet bagi gender netral.

“Kamar kecil semua gender” ini dapat ditemukan di Gedung Kantor Eksekutif Eisenhower yang terhubung langsung ke Sayap Barat, tempat di mana banyak pegawai Gedung Putih bekerja dan menggelar rapat.

One comment

Komentar

Tuliskan komentar anda dengan mengisi kolom dibawah *

*

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates